Setiap pengusaha yang berniat untuk mendirikan perseroan terbatas atau PT kerap menghadapi beberapa kendala besar ini. Apa saja kendalanya ? Bagaimana kami sebagai penyedia jasa pembuatan PT bisa memberikan jalan keluar agar badan usaha Anda segera berdiri ?  

Setiap pengusaha yang bergerak di dunia bisnis membutuhkan badan usaha. Banyak manfaat yang diperoleh ketika usaha yang Anda jalani saat ini digerakkan oleh suatu badan usaha. 

Setidaknya, manfaat yang diperoleh dari memiliki badan usaha, antara lain, adalah sebagai berikut : 

  • memberikan perlindungan hukum yang jelas bagi bisnis Anda
  • mempromosikan bisnis Anda sendiri
  • mendapatkan tambahan modal dari investor 
  • memisahkan kepemilikan aset pribadi dan bisnis
  • membantu menumbuhkan kepercayaan klien-klien Anda
  • memudahkan dalam pengembangan bisnis  

Namun demikian, selalu ada kendala ketika seorang pebisnis akan mendirikan badan usaha dalam bentuk PT. 

Baca Juga: Jasa Pendirian Koperasi Indonesia

Kendala Utama dalam Pembuatan PT

Dari pengalaman kami membantu banyak pengusaha, baik itu pengusaha skala mikro, kecil, maupun menengah, masalah yang dihadapi tidak jauh berbeda. Jika Anda tengah menghadapi satu dari beberapa kendala berikut, berarti Anda tidaklah sendirian. 

Di Indonesia, masalah yang sering dihadapi dalam pembuatan PT, meliputi beberapa kendala utama berikut ini:

  1. Pemilihan Nama Perusahaan yang Tidak Tepat 

Seharusnya nama PT haruslah unik dan tidak boleh sama dengan nama PT yang sudah terdaftar. Selain itu, nama harus sesuai dengan ketentuan hukum dan tidak melanggar ketertiban umum atau kesusilaan. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa pembuatan PT untuk menemukan nama yang tepat pada perusahaan yang akan didirikan. 

  1. Dokumen yang Tidak Lengkap atau Salah

Kendala paling umum yang dihadapi pengusaha adalah kesalahan dalam pengisian dokumen atau kurangnya dokumen yang diperlukan. Kesalahan ini dapat memperlambat proses pendirian PT.  Secara umum,  Anda perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti akta pendirian, surat keterangan domisili, dan NPWP perusahaan. Konsultan jasa untuk buat PT bisa membantu Anda untuk melengkapi dokumen tersebut. 

  1. Tidak Memenuhi Syarat Modal Minimal

Modal usaha tentu saja merupakan syarat mutlak dalam pendirian. Di Indonesia, pendirian PT harus memiliki modal dasar tertentu. Jika Anda tidak dapat memenuhi syarat ini, maka proses pendirian PT akan ditolak. Adapun untuk modal dasar, tidak ditentukan jumlah minimalnya, tetapi harus sesuai dengan kesepakatan antara pemilik saham atau berdasarkan skala usaha kegiatannya.

  1. Kesalahan dalam Penetapan Susunan Direksi dan Komisaris 

Kesalahan umum lainnya yang dapat membatalkan proses pembuatan PT adalah kesalahan dalam menetapkan susunan direksi dan komisaris. Hal ini  dapat menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. Jadi, susunan ini harus sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mintalah nasihat dari penyedia jasa bikin PT. 

  1. Penentuan KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) 

Pemilihan bidang usaha yang akan dijalani merupakan acuan penting dalam pembuatan akta pendirian dan mengurus perizinan terkait. Kesalahan dalam penentuan KBLI dapat menyebabkan masalah dalam proses pendirian. Diskusikan dengan penyedia jasa untuk bikin PT agar Anda tak salah dalam menentukan KLBI. 

  1. Prosesnya Menyita Waktu yang Lama 

Proses pendirian PT seringkali memakan waktu yang lama, terutama karena banyaknya dokumen yang harus disiapkan dan persyaratan yang harus dipenuhi. Daripada ribet sendiri, lebih baik serahkan urusan ini pada ahlinya. Agar Anda bisa fokus pada produk atau jasa usaha Anda, serahkan urusan ini pada jasa pembuatan PT.  

  1. Kesulitan Menentukan Nama PT

Ketersediaan nama yang unik dan tidak menyalahi aturan merupakan kendala yang sering dihadapi. Nama PT harus sesuai dengan tujuan atau bidang usaha dan terdiri dari minimal tiga kata dalam bahasa Indonesia. Masalah ini mirip dengan masalah nomor 1 di atas. Anda bisa berdiskusi dengan tim jasa pembuat PT untuk menemukan jawabannya. 

  1. Kesalahan dalam Penetapan Komposisi Pemegang Saham 

Perlu diketahui, suatu PT harus didirikan oleh dua orang atau lebih dengan akta notaris yang dibuat dalam Bahasa Indonesia. Setiap pendiri PT wajib mengambil bagian saham pada saat PT didirikan. Jangan ragu untuk mendiskusikan masalah penetapan komposisi pemegang saham dengan konsultan jasa pendirian PT. Anda bisa menemukan jawabannya segera. 

Kendala-kendala di atas dapat dengan cepat dan mudah teratasi apabila Anda mengandalkan konsultan jasa pendirian PT. Anda dapat berkonsultasi dengan konsultan jasa ini, misalnya,  dalam pembuatan PT perorangan. 

Baca Juga: Perbedaan Pajak: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Perbedaan PT Biasa dan PT Perorangan

Perbedaan utama antara PT biasa dan PT perorangan, adalah : 

  1. Jumlah Pendiri

PT biasa harus didirikan oleh dua orang atau lebih, sedangkan PT perorangan hanya dapat didirikan oleh satu orang saja.

  1. Struktur Organisasi

PT biasa memiliki struktur organisasi yang lebih kompleks, termasuk dewan direksi dan dewan komisaris, sementara PT perorangan hanya memiliki satu orang yang bertindak sebagai pemegang saham dan direktur. 

  1. Batasan Modal

PT biasa tidak memiliki batasan modal dasar, sedangkan PT perorangan memiliki batasan modal dasar maksimum sebesar Rp 5 miliar.

  1. Dokumen Legalitas

PT biasa memerlukan akta notaris untuk pendirian, sementara PT perorangan dapat menggunakan sertifikat pernyataan pendirian yang diurus secara elektronik. .

  1. Tanggung Jawab Hukum

Pemilik PT perorangan bertanggung jawab pribadi atas semua hutang dan kewajiban perusahaan, sementara pemilik PT biasa hanya bertanggung jawab jika mereka memberikan jaminan pribadi. 

  1. Proses Perubahan 

PT perorangan dapat mengubah statusnya menjadi PT biasa jika pemegang saham lebih dari satu, sedangkan PT biasa memerlukan perubahan Anggaran Dasar (AD) dan/atau data yang ditetapkan melalui RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) yang dimuat dan dinyatakan dalam akta notaris. 

Jadi, dapat disimpulkan bahwa, PT perorangan lebih cocok untuk usaha mikro dan kecil yang ingin menghemat biaya dan waktu, sementara PT biasa lebih cocok untuk usaha yang lebih besar dan kompleks.

Peranan Jasa Pembuatan PT Perorangan

Jasa pendirian PT perorangan adalah layanan yang membantu individu mendirikan perusahaan terbatas (PT) yang didirikan oleh satu orang saja, yang juga berperan sebagai pemegang saham dan direktur.  

Layanan jasa untuk bikin PT berperan penting bagi para pengusaha yang akan mendirikan badan usaha PT, baik PT perorangan maupun PT biasa. 

Dibandingkan mengurus sendiri proses pendirian PT perorangan, keuntungan menggunakan jasa pendirian PT perorangan adalah dalam :

  • kemudahan dan kecepatan proses
  • menghemat waktu dan tenaga
  • menghemat biaya
  • menawarkan konsultasi bisnis

Sebagai pemilik PT perorangan, Anda memiliki kendali penuh atas seluruh operasi dan keputusan bisnis, sehingga memberikan fleksibilitas tinggi dalam manajemen perusahaan.

Dari sisi perlindungan hukum, PT perorangan juga mendapatkan perlindungan hukum yang sama dengan badan usaha pada umumnya, yang memberikan kepastian hukum bagi usaha mikro dan kecil.

Biaya pendirian PT perorangan dapat lebih murah karena tidak memerlukan akta notaris, dan prosesnya dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan notaris.

Jasa pendirian PT dapat memberikan jaminan kepatuhan hukum, keamanan data, serta dukungan penuh dari ahli yang berpengalaman di bidangnya.

Dengan menggunakan jasa pendirian PT perorangan, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga, serta mendapatkan perlindungan hukum yang lebih baik, yang sangat cocok untuk usaha mikro dan kecil.

  • Produk & Layanan
  • Karir
  • Kabar Bisnis
  • FAQ
  • Kontak Kami
PT TRANSFORMASI BISNIS FORECAST terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0015837.AH.01.01.TAHUN 2024