Sebelum adanya sistem online, pendaftaran PT sampai dengan mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bisa memakan waktu hingga 207 hari.
Sistem online dalam proses pembuatan PT (Perseroan Terbatas) telah memangkas waktu dengan sangat signifikan. Sebelum adanya sistem online, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengurus pembuatan PT di Indonesia.
Kini, dengan memanfaatkan sistem online dan jasa pendirian PT, proses pembuatan PT dapat diselesaikan dalam waktu 1-2 minggu.
4 Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembuatan PT
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya waktu pengurusan PT di Indonesia. Faktor-faktor tersebut meliputi :
- Kompleksitas perusahaan. Perusahaan dengan struktur yang lebih kompleks atau memiliki banyak pemegang saham biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.
- Ketersediaan dokumen. Semakin lengkap dan akurat dokumen yang disiapkan, semakin cepat prosesnya.
- Kantor layanan. Beberapa kantor layanan mungkin memiliki prosedur yang berbeda dan waktu tunggu yang berbeda.
- Jasa pihak ketiga. Jika Anda menggunakan jasa pendirian PT, waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat atau lebih lama tergantung pada layanan yang ditawarkan.
Sedangkan ringkasan mengenai durasi dan tahapan yang terlibat dalam mendirikan PT adalah sebagai berikut.
Baca Juga: Jasa Pembuatan PT di Tangerang, Mulai Dari 1 Juta
Durasi Proses Pembuatan PT
- Proses Manual atau Tradisional
Sebelum adanya sistem online, pendaftaran PT hingga mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bisa memakan waktu hingga 207 hari.
- Proses Modern dengan AHU Online
Dengan adanya inovasi digital, proses ini kini dapat dipangkas menjadi hanya 7 menit untuk pemesanan nama dan pengisian data. Namun, waktu total untuk semua izin dan dokumen resmi tetap memerlukan beberapa hari hingga minggu, tergantung pada kompleksitas usaha.
Tahapan Pembuatan PT
Tahapan yang harus dilakukan dalam proses pembuatan PT adalah sebagai berikut.
- Pengajuan Nama PT
Proses pengajuan nama PT memerlukan waktu beberapa hari. Yakni untuk memastikan nama yang diajukan tidak sama dengan nama PT lain yang sudah terdaftar.
- Pembuatan Akta Pendirian
Selanjutnya untuk proses pembuatan akta pendirian perusahaan, biasanya memakan waktu tiga hari kerja hingga 7 hari kerja, tergantung pada antrian di notaris dan kompleksitas dokumen.
- Pengurusan Izin Usaha
Pengurusan izin seperti SIUP dan TDP dapat memakan waktu beberapa minggu, tergantung pada jenis usaha dan lokasi.
- Pendaftaran NPWP dan Izin Lainnya
Pengajuan NPWP dan izin-izin lain biasanya memerlukan waktu tambahan, sekitar satu sampai dengan tiga hari kerja untuk NPWP dan lebih lama untuk izin lainnya.
Secara keseluruhan, jika Anda menggunakan layanan profesional dan sistem online, proses pembuatan PT dapat dilakukan dengan cepat, tetapi secara keseluruhan tetap memerlukan waktu antara beberapa hari hingga satu bulan untuk menyelesaikan semua tahapan yang diperlukan.
Jika Anda melakukannya sendiri tanpa bantuan profesional, proses ini bisa lebih lama lagi karena banyaknya dokumen yang harus disiapkan dan izin yang harus diperoleh.
Baca Juga: Cara Cepat Melihat PT Yang Terdaftar
Tips Mempercepat Proses Pembuatan PT
Supaya proses pembuatan PT Anda menjadi lebih cepat dalam segi tata waktunya, tips berikut ini penting untuk dilaksanakan :
- Siapkan dokumen dengan lengkap dan benar
Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah disiapkan dengan baik sebelum memulai proses.
- Pilih notaris yang berpengalaman
Pilih notaris yang sudah berpengalaman dalam pembuatan PT agar prosesnya lebih lancar.
- Manfaatkan jasa pendirian PT
Jika Anda tidak ingin repot mengurus sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pendirian PT.
- Pantau perkembangan proses
Pantau secara berkala perkembangan proses pembuatan PT agar Anda mengetahui statusnya.
Baca Juga: Membuat Badan Usaha Pakai Jasa Pendirian CV
Lingkup Jasa Pendirian PT
Jasa pendirian Perseroan Terbatas (PT) dapat membantu Anda memproses pembuatan PT dengan waktu dan biaya yang terjangkau. Di Indonesia, layanan jasa pendirian PT ini mencakup berbagai layanan yang dirancang untuk memudahkan proses pendirian dan pengurusan izin usaha.
Berikut adalah rincian mengenai layanan yang biasanya ditawarkan:
- Konsultasi Awal
Dalam tahapan awal, penyedia jasa pembuatan PT akan memberikan konsultasi awal untuk memberikan informasi mengenai syarat dan prosedur mendirikan PT. Penyedia jasa bisa membantu Anda untuk memilih nama perusahaan yang sesuai dan belum terdaftar.
- Penyusunan Dokumen
Pada tahap selanjutnya, layanan yang diberikan adalah berupa penyusunan dokumen yang meliputi penyusunan Akta Pendirian PT yang disahkan oleh notaris, serta menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, dan surat pernyataan domisili.
- Pengajuan Izin
Pada tahap pengajuan izin, penyedia jasa pembuatan PT akan membantu Anda untuk mengurus pengesahan badan hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Selain itu, juga untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) serta mengurus izin usaha sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.
- Administrasi Perusahaan
Layanan jasa pembuatan PT juga memberikan layanan untuk membantu Anda dalam penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Di samping itu, mereka pun dapat menyediakan layanan administrasi seperti pembuatan rekening bank perusahaan.
- Layanan Tambahan
Beberapa penyedia jasa juga menawarkan pembuatan website untuk perusahaan sebagai bagian dari paket layanan. Pengurusan dokumen tambahan lainnya yang bisa ditambahkan adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan izin-izin lain yang diperlukan.
Baca Juga: Jasa Pembuatan PT
Tips Memilih Jasa Pembuatan PT
Dengan menggunakan jasa pendirian PT, proses yang biasanya rumit dapat disederhanakan. Anda sebagai pendiri perusahaan bisa tetap fokus pada pengembangan bisnis mereka tanpa harus terjebak dalam birokrasi.
Jasa ini sangat membantu terutama bagi pengusaha baru yang mungkin tidak familiar dengan prosedur hukum di Indonesia. Namun, jangan asal memakai jasa ini. Berikut ini tips penting dalam memilih jasa pembuatan PT yang tepat:
- Memastikan Status Hukum Perusahaan
Pastikan status hukum perusahaan jasa pembuatan PT Anda jelas untuk menghindari biaya tambahan dan potensi masalah hukum.
- Ketahui Track Record Perusahaan Jasa
Ketahui bagaimana riwayat perusahaan jasa, testimoni pengguna, dan track record pemberitaan untuk memastikan kehandalan dan integritas perusahaan jasa layanan pembuatan PT yang Anda pilih.
- Memiliki Fasilitas dan Layanan Lengkap
Pilihlah jasa pembuatan PT yang menyediakan berbagai fasilitas seperti registrasi nama, akta notaris, SK dari Kemenkumham, NPWP, SIUP, dan TIN/NIB.
- Perusahaan Yang Telah Dipercaya Oleh Banyak Klien
Pilih perusahaan yang sudah terpercaya dan mengutamakan kepuasan klien. Ulasan positif dan testimonial dari klien lain dapat menjadi indikator kinerja yang baik.
- Biaya yang Transparan
Waspadai penawaran harga yang murah dan pastikan adanya sistem transparan dalam penawaran layanan. Periksa detail layanan, waktu progres, dan biaya tambahan yang mungkin dikenakan.
- Pelayanan yang Cepat dan Tanggap
Pastikan jasa pembuatan PT Anda menyediakan layanan cepat dan tanggap. Adanya call center atau fasilitas konsultasi yang siap membantu dapat mempermudah proses pendirian PT.
- Reputasi Baik dan Legalitas
Lakukan penelitian mendalam tentang reputasi dan kredibilitas perusahaan jasa. Pastikan perusahaan memiliki reputasi baik dan legalitas yang sah untuk menghindari risiko melanggar aturan hukum yang berlaku.
- Pengalaman dan Ahli Bidangnya
Carilah penyedia jasa yang berpengalaman dan ahli bidangnya. Semakin lama perusahaan berkecimpung dalam bidang tersebut, semakin besar kemungkinan mereka dapat memberikan dukungan yang optimal.
- Membandingkan Layanan Antar Penyedia Jasa
Bandingkan layanan antar penyedia jasa untuk mengetahui paket layanan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Selain itu, periksa harga dan biaya tambahan yang dikenakan.