4 Faktor Yang Mempengaruhi Berapa Lama Proses Pembuatan PT 

berapa lama proses pembuatan pt

Sebelum adanya sistem online, pendaftaran PT sampai dengan mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bisa memakan waktu hingga 207 hari. 

Sistem online dalam proses pembuatan PT (Perseroan Terbatas) telah memangkas waktu dengan sangat signifikan. Sebelum adanya sistem online, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengurus pembuatan PT di Indonesia. 

Kini, dengan memanfaatkan sistem online dan jasa pendirian PT, proses pembuatan PT dapat diselesaikan dalam waktu 1-2 minggu. 

4 Faktor yang Mempengaruhi Proses Pembuatan PT

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya  waktu pengurusan PT di Indonesia. Faktor-faktor tersebut meliputi : 

  1. Kompleksitas perusahaan. Perusahaan dengan struktur yang lebih kompleks atau memiliki banyak pemegang saham biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.
  1. Ketersediaan dokumen. Semakin lengkap dan akurat dokumen yang disiapkan, semakin cepat prosesnya.
  1. Kantor layanan. Beberapa kantor layanan mungkin memiliki prosedur yang berbeda dan waktu tunggu yang berbeda.
  1. Jasa pihak ketiga. Jika Anda menggunakan jasa pendirian PT, waktu yang dibutuhkan bisa lebih singkat atau lebih lama tergantung pada layanan yang ditawarkan.

Sedangkan ringkasan mengenai durasi dan tahapan yang terlibat dalam mendirikan PT adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Jasa Pembuatan PT di Tangerang, Mulai Dari 1 Juta

Durasi Proses Pembuatan PT

  1. Proses Manual atau Tradisional

Sebelum adanya sistem online, pendaftaran PT hingga mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) bisa memakan waktu hingga 207 hari. 

  1. Proses Modern dengan AHU Online 

Dengan adanya inovasi digital, proses ini kini dapat dipangkas menjadi hanya 7 menit untuk pemesanan nama dan pengisian data. Namun, waktu total untuk semua izin dan dokumen resmi tetap memerlukan beberapa hari hingga minggu, tergantung pada kompleksitas usaha.

Tahapan Pembuatan PT

Tahapan yang harus dilakukan dalam proses  pembuatan PT adalah sebagai berikut. 

  1. Pengajuan Nama PT

Proses pengajuan nama PT memerlukan waktu beberapa hari. Yakni untuk memastikan nama yang diajukan tidak sama dengan nama PT lain yang sudah terdaftar. 

  1. Pembuatan Akta Pendirian 

Selanjutnya untuk proses pembuatan akta pendirian perusahaan, biasanya memakan waktu tiga hari kerja hingga 7 hari kerja,  tergantung pada antrian di notaris dan kompleksitas dokumen. 

  1. Pengurusan Izin Usaha 

Pengurusan izin seperti SIUP dan TDP dapat memakan waktu beberapa minggu, tergantung pada jenis usaha dan lokasi.

  1. Pendaftaran NPWP dan Izin Lainnya 

Pengajuan NPWP dan izin-izin lain biasanya memerlukan waktu tambahan, sekitar  satu sampai dengan tiga hari kerja untuk NPWP dan lebih lama untuk izin lainnya. 

Secara keseluruhan, jika Anda menggunakan layanan profesional dan sistem online, proses pembuatan PT dapat dilakukan dengan cepat, tetapi secara keseluruhan tetap memerlukan waktu antara beberapa hari hingga satu bulan untuk menyelesaikan semua tahapan yang diperlukan. 

Jika Anda melakukannya sendiri tanpa bantuan profesional, proses ini bisa lebih lama lagi karena banyaknya dokumen yang harus disiapkan dan izin yang harus diperoleh.

Baca Juga: Cara Cepat Melihat PT Yang Terdaftar

Tips Mempercepat Proses Pembuatan PT 

Supaya proses pembuatan PT Anda menjadi lebih cepat dalam segi tata waktunya, tips berikut ini penting untuk dilaksanakan :  

  1. Siapkan dokumen dengan lengkap dan benar

Pastikan semua dokumen yang diperlukan sudah disiapkan dengan baik sebelum memulai proses.

  1. Pilih notaris yang berpengalaman

Pilih notaris yang sudah berpengalaman dalam pembuatan PT agar prosesnya lebih lancar.

  1. Manfaatkan jasa pendirian PT

Jika Anda tidak ingin repot mengurus sendiri, Anda bisa menggunakan jasa pendirian PT.

  1. Pantau perkembangan proses

Pantau secara berkala perkembangan proses pembuatan PT agar Anda mengetahui statusnya.

Baca Juga: Membuat Badan Usaha Pakai Jasa Pendirian CV

Lingkup Jasa Pendirian PT

Jasa pendirian Perseroan Terbatas (PT) dapat membantu Anda memproses pembuatan PT dengan waktu dan biaya yang terjangkau. Di Indonesia, layanan jasa pendirian PT ini  mencakup berbagai layanan yang dirancang untuk memudahkan proses pendirian dan pengurusan izin usaha. 

Berikut adalah rincian mengenai layanan yang biasanya ditawarkan:

  1. Konsultasi Awal

Dalam tahapan awal, penyedia jasa pembuatan PT akan memberikan konsultasi awal untuk memberikan informasi mengenai syarat dan prosedur mendirikan PT. Penyedia jasa bisa membantu Anda untuk memilih nama perusahaan yang sesuai dan belum terdaftar.

  1. Penyusunan Dokumen 

Pada tahap selanjutnya, layanan yang diberikan adalah berupa penyusunan dokumen yang  meliputi penyusunan Akta Pendirian PT yang disahkan oleh notaris, serta menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, dan surat pernyataan domisili.

  1. Pengajuan Izin

Pada tahap pengajuan izin, penyedia jasa pembuatan PT akan membantu Anda untuk mengurus pengesahan badan hukum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Selain itu, juga untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Nomor Induk Berusaha (NIB) serta mengurus izin usaha sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.

  1. Administrasi Perusahaan

Layanan jasa pembuatan PT juga memberikan layanan untuk membantu Anda dalam penyusunan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART). Di samping itu, mereka pun dapat menyediakan layanan administrasi seperti pembuatan rekening bank perusahaan.

  1. Layanan Tambahan

Beberapa penyedia jasa juga menawarkan pembuatan website untuk perusahaan sebagai bagian dari paket layanan. Pengurusan dokumen tambahan lainnya yang bisa ditambahkan adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan izin-izin lain yang diperlukan.

Baca Juga: Jasa Pembuatan PT

Tips Memilih Jasa Pembuatan PT

Dengan menggunakan jasa pendirian PT, proses yang biasanya rumit dapat disederhanakan. Anda sebagai pendiri perusahaan bisa tetap fokus pada pengembangan bisnis mereka tanpa harus terjebak dalam birokrasi. 

Jasa ini sangat membantu terutama bagi pengusaha baru yang mungkin tidak familiar dengan prosedur hukum di Indonesia. Namun, jangan asal memakai jasa ini.  Berikut ini tips penting dalam  memilih jasa pembuatan PT yang tepat:

  1. Memastikan Status Hukum Perusahaan 

Pastikan status hukum perusahaan jasa pembuatan PT Anda jelas untuk menghindari biaya tambahan dan potensi masalah hukum. 

  1. Ketahui Track Record Perusahaan Jasa

Ketahui bagaimana riwayat perusahaan jasa, testimoni pengguna, dan track record pemberitaan untuk memastikan kehandalan dan integritas perusahaan jasa layanan pembuatan PT yang Anda pilih. 

  1. Memiliki Fasilitas dan Layanan Lengkap

Pilihlah jasa pembuatan PT yang menyediakan berbagai fasilitas seperti registrasi nama, akta notaris, SK dari Kemenkumham, NPWP, SIUP, dan TIN/NIB.

  1. Perusahaan Yang Telah Dipercaya Oleh Banyak Klien

Pilih perusahaan yang sudah terpercaya dan mengutamakan kepuasan klien. Ulasan positif dan testimonial dari klien lain dapat menjadi indikator kinerja yang baik.

  1. Biaya yang Transparan

Waspadai penawaran harga yang murah dan pastikan adanya sistem transparan dalam penawaran layanan. Periksa detail layanan, waktu progres, dan biaya tambahan yang mungkin dikenakan.

  1. Pelayanan yang Cepat dan Tanggap

Pastikan jasa pembuatan PT Anda menyediakan layanan cepat dan tanggap. Adanya call center atau fasilitas konsultasi yang siap membantu dapat mempermudah proses pendirian PT.

  1. Reputasi Baik dan Legalitas

Lakukan penelitian mendalam tentang reputasi dan kredibilitas perusahaan jasa. Pastikan perusahaan memiliki reputasi baik dan legalitas yang sah untuk menghindari risiko melanggar aturan hukum yang berlaku.

  1. Pengalaman dan Ahli Bidangnya

Carilah penyedia jasa yang berpengalaman dan ahli bidangnya. Semakin lama perusahaan berkecimpung dalam bidang tersebut, semakin besar kemungkinan mereka dapat memberikan dukungan yang optimal.

  1. Membandingkan Layanan Antar Penyedia Jasa

Bandingkan layanan antar penyedia jasa untuk mengetahui paket layanan yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Selain itu, periksa harga dan biaya tambahan yang dikenakan.

  • Produk & Layanan
  • Karir
  • Kabar Bisnis
  • FAQ
  • Kontak Kami
PT TRANSFORMASI BISNIS FORECAST terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI, dengan SK Nomor AHU-0015837.AH.01.01.TAHUN 2024